Lampung Timur Siapkan Strategi Pemberdayaan UMKM

 

Lampung Timur (KOMINFO LAMTIM) – Dinas Koprasi UMKM dan Naker bersama Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lampung Timur mengelar rapat Pemberdayaan UMKM yang ada di Kabupaten Lampung Timur, yang berlangsung di Ruang Kerja Kadis Koperasi UMKM dan Naker, jum’at (26 januari 2024).

Dalam penyampaiannya Kepala Bapenda Kabupaten Lampung Timur Agus Firmansyah Lukman,SE., MM.  mengarahkan agar Dinas – dinas  yang ada di Lampung Timur memesan Katering kepada UMKM Lamtim dan ini sudah kita buktikan kemaren pada saat 2022-2023 bahwa ternyata setelah kita pelajari Kita tekuni pendapatan dari katering bisa meningkat 150%

Usaha ketering boleh Pribadi maupun milik orang lain kalo sudah kita data pada kecamatan yang ada di Lampung Timur yang mempunyai usaha katering akan kami petakan bahwa memiliki usaha katering, dan kita usulkan kepada pimpinan agar memerintahkan Dinas – dinas  yang akan melakukan pemesanan kepada pengusaha katering yang ada di Lampung Timur termasuk kue basah.  

“Jadi yang selama ini teman-teman di OPD nya yang masih menggunakan jasa katering di metro dan sebagainya pajak nya masuk ke metro bukan ke Lampung Timur walaupun yang memakai kita.” ucap Agus

Kadis bapenda menambahkan kita bisa uji coba produk kateringnya terlebih dahulu untuk mengetahui UMKM atau Katering yang akan di pesan apakah memenuhi syarat, dari segi rasa dan penampilan produknya.  

“dengan pemanfaatan UMKM ini saya pikir dampaknya sangat baik, jika terdapat UMKM yang belum memenuhi syarat dari segi rasa dan penampilan produk kita adakan pelatihan agar memenuhi syarat dan kita berikan pelatihan kepada para pedagang offline agar tidak kalah dengan pedagang online yang mana mereka tidak mempunyai kios-kios”.
Agus Mengingatkan kepada OPD agar tidak melaksanakan kegiatan - kegiatan rapat atau pertemuan d luar wilayah Kabupaten Lampung Timur sesuai surat edaran yang di tandatangani Sekretaris Daerah Kabupaten
“tujuannya agar UMKM yang ada di Kabupaten Lampung Timur mendapat perhatian sehingga dapat berkembang dan berdampak kepada peningkatan pendapatan Daerah”.  

Kadis Koperasi UMKM dan Naker Budi Yull dalam kesempatan tersebut beliau merasa senang dan sangat mensupport apa yang telah di sampaikan oleh Kepala Bapenda.  

“Terkait data yang di minta dari Bapenda sudah kita tindaklanjuti dan sudah kita bagi ke Kecamatan dan sudah langsung di tandatangani Sekda.

Saat kedatangan Menteri Ketenagakerjaan yabg punya standar tersendiri, Kita tidak bisa sembarangan dalam memesan katering. Alhamdulillah kemaren 2200 beres kita memesan di UMKM yang berada di Labuhan Ratu, yang sesuai dari segi rasa, dan penampilan Produknya.” kata Budi Yull

Kita mempunyai beberapa UMKM yang sudah kita tes dari ketepatan jam pengantaran tempat lokasi UMKM, jadi pada saat mulai makan mereka sudah mendapatkan makanannya nasi kotak dari kateringnya.

Untuk UMKM yang jauh juga harus kita berdayakan agar tidak adanya kecemburuan sosial yang terkendala pada ongkirnya misal di Kecamatan Pasir Sakti, Labuhan Maringgai dan lainya yang mana mereka sudah memenuhi syarat dari segi rasa dan penampilan produk. Hal ini untuk mengatasi produk-produk UMKM di Kabupaten Lampung Timur yang semakin lesu.

“kami berencana membangun Pojok UMKM di depan rumah Dinas Bupati Lampung Timur seagai Gerai UMKM yang isinya terdapat makanan-makanan dan souvenir  kerajinan tangan khas Lampung Timur, yang mana tempatnya sangat strategis, dan di RS Sukadana rencananya kita juga akan mendirikan Pojok UMKM targetnya adalah masyarakat yang akan menjenguk saudaranya yang sedang di rawat di RS Sukadana”.  
Budi Yull juga berharap kedepannya di 24 Kecamatan yang ada di Lampung Timur juga terdapat Gerai UMKM untuk menjadi tempat pemasaran Produk-produk yang ada di kecamatan tersebut.

(**).