MEMBANGUN KOMUNIKASI ANTARBUDAYA di ERA GLOBALISASI

Komunikasi antar budaya adalah suatu hal untuk memastikan pemahaman yang tepat dan menghormati perbedaan budaya. Hal Ini melibatkan kesadaran akan norma, nilai, dan keyakinan budaya masing-masing pihak serta kemauan untuk belajar dan beradaptasi. tinjauan kita dapat membangun jembatan pemahaman yang kuat antara budaya yang berbeda. Manusia diciptakan oleh Allah bukan hanya sebagai makhluk individu akan tetapi juga sebagai makhluk sosial, oleh karena itu manusia tidak mungkin dapat hidup dengan seorang diri tanpa adanya orang lain.

Konsep Dasar dan Tujuan Komunikasi Antar Budaya

Komunikasi itu menyangkut semua prosedur melalui pikiran seseorang dapat mempengaruhi orang lainnya. Komunikasi merupakan mekanisme untuk melaksanakan kekuasaan dan merupakan aktivitas yang datang dari pihak lain untuk mempengaruhi,sumber (Arifin, 2010: 26).
Antara komunikasi dan budaya sangat memiliki keterkaitan yang erat, di mana salah satu fungsi yang penting dalam komunikasi adalah transmisi budaya, ia tidak dapat terelakkan dan akan selalu hadir dalam berbagai bentuk komunikasi yang mempunyai dampak pada penerimaan individu. Demikian juga beberapa bentuk komunikasi menjadi bagian dari pengalaman dan pengetahuan individu. Melalui individu ini kemudian komunikasi menjadi bagian dari pengalaman kolektif kelompok, publik, audience berbagai jenis dan individu bagian dari suatu massa.
Tujuan komunikasi antarbudaya di antaranya adalah agar satu sama lainnya dapat beradaptasi demi kestabilan, dan setiap kebudayaan umat manusia akan tumbuh dan berkembang atas tiga kebutuhan dasar manusia yaitu: (1) keinginan/ kebutuhan dasar; (2) kebutuhan terhadap nafkah atau memperoleh keuntungan; dan (3) kebutuhan integratif atau kebutuhan untuk bersatu. Pertemuan budaya dan pertukaran budaya melalui komunikasi dihasilkan karena ada mekanisme yang membantu mereka untuk beradaptasi dan memperkuat stabilitasnya. Pertukaran kebudayaan, gagasan, dan realisasi antar bagian-bagian itu dapat membantu masyarakat menangani keseimbangan dari unit yang berbeda-beda.

Tantangan Dalam Komunikasi Antar Budaya

Tantangan Dalam lintas budaya adalah interaksi yang dilakukan antara individu atau kelompok yang memiliki budaya berbeda. Budaya tersebut mencakup banyak hal seperti keyakinan, nilai, bahasa, norma, politik, dan sosial yang berbeda. Ditambah dengan adanya globalisasi yang memudahkan individu atau kelompok untuk berinteraksi satu sama lain, bahkan dengan adanya perbedaan jarak dan waktu.
Tantangan utama komunikasi lintas budaya di era globalisasi adalah perbedaan dalam persepsi, nilai, dan norma budaya. Selain itu, bahasa juga menjadi faktor penting dalam komunikasi lintas budaya, dimana perbedaan bahasa dapat menghalangi pemahaman dan kolaborasi antar budaya. selain itu keanekaragaman budaya yang semakin luas dan terbuka juga dapat menimbulkan konflik dan kesalahpahaman antar budaya. era globalisasi sekarang ini, komunikasi lintas budaya menjadi suatu hal yang semakin penting. Hal ini dikarenakan masyarakat dunia yang semakin terhubung secara globalisasi.

Nama penulis Agung Prayudha
Mahasiswa IPB University 

(**).